PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU SMK NEGERI 1 SINGKEP




PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
CAHAYA ILMU
SMK NEGERI 1 SINGKEP
TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019




 Disusun oleh:

TIM PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU









2018




PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
CAHAYA ILMU
SMK NEGERI 1 SINGKEP
                                                   TAHUN PELAJARAN 2018/2018    

I.                   PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Agar suasana belajar dan proses pembelaajaran tersebut dapat berjalan dengan optimal, maka diperlukan sarana pendukung yang memadai. Salah satu sarana yang relevan dan signifikan dalam mewujudkan kondisi dimaksud adalah perpustakaan.
Adapun yang menjadi landasan hukum selain undang-undang tersebut di atas antara lain:
1. Kep Mendikbud RI No. 0103/O/1991 tentang Pokok-Pokok Kebijakan     
    Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia
2. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud Nomor:
    2627/c/T.81 tentang Pembinaan Perpustakaan Sekolah
3. UU RI No. 2 tahun 1989 Bab VIII pasal 35
4. Program Kerjasama Dirjen Dikdasmen dengan Kepala Perpustakaan
    Nasional RI
Perpustakaan menjadi sangat strategis dihadirkan dalam mendukung pembelajaran, karena merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik maupun peserta didik. Perpustakaan dalam konteks era globalisasi dan informasi sangat dibutuhkan sebagai upaya memicu dan mamcu kompetensi peserta didik dalam berbagai bidang kompetensi.
Oleh karena itu, perpustakaan memiliki peranan dan fungsi yang sangat strategis dalam mendukung pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat meminjam dan membaca buku, tetapi dapat dikembangkan menjadi rumah belajar modern. Perpustakaan sebagai rumah belajar modern berfungsi sebagai tempat pelestarian budaya, sumber informasi, pendidikan dan penelitian serta tempat koleksi buku. Selain itu Perpustakaan juga menjadi tempat rekreasi sehingga pengunjung/ pengguna akan betah berlama-lama di tempat tersebut. 
Berkaitan dengan hal tersebut maka pengelolaan perpustakaan harus mendapatkan perhatian dari seluruh stakeholder pendidikan, baik peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua peserta didik dan masyarakat. Pengelolaan perpustakaan harus dilakukan baik dari aspek menejemen, sistem pelayanan, penataan koleksi, dan kenyamanan lingkungan. Untuk mewujudkan perpustakaan yang modern, maka perpustakaan di masa datang harus semakin dilengkapi dengan sarana dan prasarana sebagai bentuk antisipasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti kehadiran arena bermain yang nyaman, internet dan audio visual yang mendukung belajar siswa. Tatkala perpustakaan telah dikelola dengan professional maka perpustakaan akan hadir sebagai jantungnya sekolah dalam rangka ikut memicu dan memacu pencapaian visi dan misi sekolah

Dengan demikian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat  dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai  pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.

Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan Cahaya Ilmu SMK Negeri 1 Singkep berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi secara optimal.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan dasar keberhasilan fungsional dalam masyarakat masa kini yang berbasis pengetahuan, informasi dan komunikasi . Perpustakaan sekolah membekali siswa keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, yang memungkinkan mereka hidup sebagai warganegara yang berkualitas dan bertanggungjawab.
Dalam era informasi dan komunikasi seperti saat ini peran perpustakaan mulai digantikan oleh maraknya informasi dan sumber belajar yang banyak beredar di dunia maya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini juga memaksa perpustakaan sekolah harus merubah diri, penampilan, dan pelayanannya agar tidak ditinggalkan oleh pemustakanya.
Atas dasar ini perpustakaan SMK Negeri 1 Singkep berupaya untuk menjawab tantangan seperti yang disebutkan di atas. Untuk itu perpustakaan sekolah harus berupaya menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih menarik dan sebagai sumber belajar yang diidolakan oleh pemustakanya.

B. Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang                Sistem  pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah
  5. Surat Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Singkep Nomor 424/001/V-SMKN 1 SINGKEP/KPTS Tahun 20 tentang pengangkatan kepala Perpustakaan Cahaya Ilmu tahun  2018 /2019

C.   Sejarah Perkembangan Perpustakaan SMKN 1 Singkep
  1. Tahun 2012  perpustakaan didirikan dan menempati ruang berukuran 8,5 m x  10,5m. Tahun  2012-2013  Perpustakaan pertama kali dikelola oleh seorang guru bernama Dra. Yuniar sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran (PKN) juga merangkap sebagai kepala perpustakaan berdasarkan Keputusan Kepala SMKN 1 Singkep bernama Tengku Julia Asparida,S.Pd,Kons  dengan  SK  no:424/SMKN.1/509 .Tahun 2013-2014 juga ditahun berikutnya . 2014-1bu Yuniar berdasarkan SK no 424/SMKN.1/252.1, danTahun 2014-2015 berdasarkan Sk no 424/SMKN.1/001. Yang ditandatangani Kepala  SMKN 1 Singkep bernama Tengku Julia Asparida,S.Pd,Kons  .Dapatlah disimpulkan bahwa perpustakaan dikelola oleh bu Yuniar  .selama 3 tahun pelajaran.
  2. Tahun 2015-2016 perpustakaan dikelola oleh 2 orang yaitu terdiri dari 1 orang guru bernama Husein Jendra Walisfa S.Pd.I sebagai kepala perpustakaan berdasarkan SK no.424 / SMKN.1 / 201 juga sebagai guru bahasa Inggris dibantu 1 orang tenaga pustawan bernama Ria Amalianti Putri.Pendataan buku ditulis secara manual.
  3. Tahun 2016-2017 perpustakaan dikelola  oleh Rodiah S.Pd.I sebagai guru Pendidikan Agama Islam merangkap sebagai Kepala perpustaan berdasarkan SK no 424 / SMKN.1-2016 242.a yang ditandatangan Kepala SMKN 1 Singkep  bernama Samsul Hadi,S.Pd.M.Pd. Pendataan perpustakaan dan Kearsipan  mulai menggunakan komputeriasi dari pemberian nama perpustakan, label. Kode buku, pendaftaran perpustakaan dan lain. Tahun 2017/2018 Perpustakaan dikelola oleh Rodiah,S.Pd.I berdasarkan Sk no 424/00i/v-smkn 1 SINGKEP/KPTS/2018 dan dilanjutkan  tahun 2018/2019 berdasarkan Sk no 424/001/V-SMKN 1 SINGKEP?KPTS/2019 sampai sekarang.
.D. VISI 
Terwujudnya  Peserta Didik , Pendidik dan tenaga kependidikan  SMK NEGERI 1 SINGKEP yang Berkualitas melalui  Budaya literasi  
E.   MISI 
Menjadikan Perpustakaan SMK NEGERI 1 SINGKEP Sebagai : 
  1. Pusat Layanan Prima, Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDOKINFO)
  2. Pusat Pengembangan Minat Baca.
  3. Sarana Rekreasi Pendidikan yang Menyenangkan.
  4. Perpustakaan Modern yang Berbasis teknologi Informasi. 
F.   Tujuan 
  1. Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi sekolah.
  2. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sektor kehidupann.
  3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil guna.
  4. Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri.
  5. Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK.
  6. Mewujudkan kualitas dan kuantitas buku bacaan dan referensi.
  7. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima. 
Motto:
“Now is reader, tomorrow be leader”
Dengan banyak membaca akan memiliki banyak pengetahuan sehingga diharapkan kelak dapat menjadi pemimpin yang berkualitas, cerdas, dan berkepribadian Indonesia

G. TUJUAN
  1. Menjadikan perpustakaan sebagai sumber utama ilmu.
  2. Memberikan pelayanan yang tepat dan akurat serta menyenangkan.
  3. Memberikan kenyamanan pada pengguna perpustakaan.
G.1 TUJUAN UMUM

Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT terdepan di Dabo Singkep serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program perpustakaan

G.2. TUJUAN KHUSUS
  1. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sektor kehidupan;
  2. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
  3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna;
  4. Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri;
  5. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa;
  6. Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
  7. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri
G.3. TUJUAN STRATEGIK
  1. Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;
  2. Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK;
  3. Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi;
  4. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;
  5. Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel;
H. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMK N 1 Singkep, perpustakaan Cahaya Ilmu sekolah berfungsi:
  1. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
  2. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMK N 1 Singkep
  3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
  4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
  5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.
I. SASARAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
  1. Para siswa dan siswi SMK N I Singkep
  2. Kepala sekolah dan guru SMK N I Singkep
  3. Staf administrasi dan tatalaksana SMK N 1 Sngkep
J. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

K.1. PROGRAM JANGKA PENDEK
  1. Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
  2. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
  3. Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu shingga memudahkan penggunaannya;
  4. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
  5. Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana;
  6. Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
  7. Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
  8. Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
  9. Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
  10. Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;
  11. Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
  12. Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
  13. Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
  14. Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
  15. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.
K.2. PROGRAM JANGKA PANJANG
  1. Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT;
  2. Menerapkan E-Library learning;
  3. Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 1000 judul dengan 15.000. eks pada tahun 2025
Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan
L.            Program Kerja Perpustakaan Sekolah
Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

 L.  1         Program Kerja Bulanan
BULAN
PROGRAM KERJA
Juli
1.      Mendata ulang fasilitas penunjang perpustakaan
2.      Pengolahan  bahan pustaka yang baru
3.      Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul
4.      Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket
5.      Mendata buku yang rusak dan hilang
6.      Memperbaiki buku yang rusak
7.      Melayani pendaftaran anggota baru
8.      Melayani peminjaman dan pengembalian
9.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
10.  Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket
11.   Membuat laporan bulanan
Agustus
1.      Mendata ulang bahan pustaka yang baru
2.      Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul
3.      Memperbaiki buku yang rusak
4.      Melayani pendaftaran anggota baru
5.      Melayani peminjaman dan pengembalian
6.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
7.      Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket
8.      Membuat buku presensi pengunjung perpustakaan
9.       Membuat laporan bulanan
September
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.       Membuat laporan bulanan
Oktober
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.      Membuat laporan bulanan
5.      Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Selasa
November
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.       Membuat laporan bulanan
Desember
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.       Membuat laporan bulanan
Januari
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.      Membuat laporan bulanan

Pebruari
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.      Ø Membuat laporan bulanan
Maret
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.      Ø Membuat laporan bulanan
April
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.      Ø Membuat laporan bulanan
Mei
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.      Mengadakan lomba membuat resensi buku
5.      Ø Membuat laporan bulanan
Juni
1.      Melayani peminjaman dan pengembalian
2.      Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3.      Membuat blog perpustakaan
4.      Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi peserta didik kelas IX sebagai syarat pengambilan Ijazah.
5.      Membuat laporan bulanan
6.       Mengadakan lomba membuat resensi buku


  
M. FASILITAS, LAYANAN, DAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN

Fasilitas
1.      Komputer (internet) dengan 3 unit komputer untuk pengunjung dan 1 unit printer (black dan color)
2.      Pendingin ruangan (Kipas Angin) 6 unit
3.      Area Referensi
4.      Lesehan,
5.       Ruang Audio Visual (TV)
6.      Ruang baca
7.      Ruang baca hening
8.      Ruang Baca outdoor
9.      Ruang kerja staff perpustakaan
10.  Ruang kerja Kepala perpustakaan
11.  Area display buku baru
12.  Area computer/internet
13.  Area lemari katalog
14.  Locker penyimpanan barang pengunjung
15.  Gudang
16.  Area  musik
17.  Area alat peraga pembelajaran
18.  Pojok baca Kelas
19.  Green House
20.  Labor Bahasa
21.  Ruang labor multimedia

Layanan
1.    Kegiatan Pembelajaran di perpustakaan
2.    Peminjaman koleksi
3.    Buku referensi
4.    Layanan Multimedia (TV, VCD, DVD dan kaset)
5.    Penelusuran Informasi melalui daftar katalog
6.    Internet (browsing), pengetikan dan printer (black dan color)
7.    Media massa; surat kabar, majalah, tabloid, bulletin dan jurnal
8.    Bimbingan Pemakai
9.    Perpustakaan keliling kampung
Koleksi
1.    Referensi, berupa; Ensiklopedi (ensi) : Ensi Pengetahuan Populer, Ensi matematika dan peradaban manusia, Ensi Negara dan bangsa, Ensi IPTEK, Agama
2.    Kamus Bahasa, Eksak (fisika, Kimia, Biologi dan TI)
3.    Laporan, karya Ilmiah (Laporan Penelitian, Makalah, Tugas Akhir, majalah, kliping, Laporan Praktek kerja Industri)
4.    Buku Pelajaran dari berbagai penerbit setiap mata pelajaran
5.    Fiksi: Novel Klasik, Novel Remaja, Novel Keagamaan
6.    Non- Fiksi: Majalah Surat kabar (Tanjung Pinang Post, Sindo),
















N.   STRUKTUR ORGANISASI

STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU

SMK NEGERI 1 SINGKEP











DESKRIPSI TUGAS PENGURUS PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU
SMK NEGERI 1 SINGKEP 2018/2019
No
Nama
NIP/NRGT/NRPK
L/P
Jabatan
Deskripsi tugas

1
Samsul Hadi, S.Pd.,M.Pd.
19690819 199803 1 007
L
Kepala Sekolah
Pembina perpustakaan memberikan arahan , menerima laporan

2
Rodiah, S.Pd.I
19710115 201406 2 005
P
Kepala Perpustakaan
1.   Penanggung jawab
2.   Membuat program kerja
3.   Membuat laporan kerja
3
Rianawati, S.Pd.I
2010.03.0492
P
Layanan Informasi dan Komunikasi
1.   Memberikan layanan informasi dan komunikasi
2.   Memberikan laporan keadaan buku, peminjam, pengunjung
4
Rosmita Admirayanti, S.Pd.SD
2016.01.0083
P
Layanan Pembaca

1.     Memberikan Layanan Pembaca
2.     Melayani peminjaman dan pengembalian buku

5
M.Syukur
2016.01.0046
L
Layanan Teknis:
-       Pengadaan
-       Pengolahan

 memberikan Layanan Teknis:
Dalam hal Pengadaan buku, sarana dan prasarana perpustakaan
-               Pengolahan inventaris buku  dan sarana prasarana

6
Muliani
2017.01.2.0463
P
Layanan Teknis:
-       Pengadaan
-       Pengolahan





  XIV.            PENUTUP
          Program kerja Perpustakaan SMK Negeri 1 Singkep  ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan Perpustakaan  SMK Negeri 1 Singkep. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat.







Mengetahui
Kepala Sekolah






SAMSUL HADI,S.Pd., M.Pd
NIP. 1969081998031007
Dabo Singkep, 2 Januari 2018
Kepala Perpustakaan






RODIAH, S.Pd,I
NIP



Komentar

  1. Perlu di sempurnakan lagi... beri foto agar lebih menarik pembaca

    BalasHapus
  2. Perlu di sempurnakan lagi... beri foto agar lebih menarik pembaca

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer