PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU SMK NEGERI 1 SINGKEP
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
CAHAYA ILMU
SMK NEGERI 1 SINGKEP
TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019
Disusun oleh:
TIM PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU
2018
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
CAHAYA ILMU
SMK NEGERI 1 SINGKEP
TAHUN PELAJARAN 2018/2018
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Undang-undang RI nomor
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 1
menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Agar suasana belajar dan
proses pembelaajaran tersebut dapat berjalan dengan optimal, maka diperlukan
sarana pendukung yang memadai. Salah satu sarana yang relevan dan signifikan
dalam mewujudkan kondisi dimaksud adalah perpustakaan.
Adapun yang menjadi
landasan hukum selain undang-undang tersebut di atas antara lain:
1. Kep Mendikbud RI No. 0103/O/1991 tentang
Pokok-Pokok Kebijakan
Pembinaan dan Pengembangan
Perpustakaan di Indonesia
2. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Dasar dan
Menengah Depdikbud Nomor:
2627/c/T.81 tentang Pembinaan
Perpustakaan Sekolah
3. UU RI No. 2 tahun 1989 Bab VIII pasal 35
4. Program Kerjasama Dirjen Dikdasmen dengan
Kepala Perpustakaan
Nasional RI
Perpustakaan menjadi
sangat strategis dihadirkan dalam mendukung pembelajaran, karena merupakan
salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik maupun
peserta didik. Perpustakaan dalam konteks era globalisasi dan informasi sangat
dibutuhkan sebagai upaya memicu dan mamcu kompetensi peserta didik dalam
berbagai bidang kompetensi.
Oleh karena itu, perpustakaan memiliki peranan
dan fungsi yang sangat strategis dalam mendukung pendidikan dan pembelajaran di
sekolah. Perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat meminjam dan membaca
buku, tetapi dapat dikembangkan menjadi rumah belajar modern. Perpustakaan
sebagai rumah belajar modern berfungsi sebagai tempat pelestarian budaya,
sumber informasi, pendidikan dan penelitian serta tempat koleksi buku. Selain
itu Perpustakaan juga menjadi tempat rekreasi sehingga pengunjung/ pengguna
akan betah berlama-lama di tempat tersebut.
Berkaitan dengan hal
tersebut maka pengelolaan perpustakaan harus mendapatkan perhatian dari seluruh
stakeholder pendidikan, baik peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan,
orang tua peserta didik dan masyarakat. Pengelolaan perpustakaan harus
dilakukan baik dari aspek menejemen, sistem pelayanan, penataan koleksi, dan
kenyamanan lingkungan. Untuk mewujudkan perpustakaan yang modern, maka
perpustakaan di masa datang harus semakin dilengkapi dengan sarana dan
prasarana sebagai bentuk antisipasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, seperti kehadiran arena bermain yang nyaman, internet dan audio
visual yang mendukung belajar siswa. Tatkala perpustakaan telah dikelola dengan
professional maka perpustakaan akan hadir sebagai jantungnya sekolah dalam
rangka ikut memicu dan memacu pencapaian visi dan misi sekolah
Dengan demikian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah,
dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu
sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya
(Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang
Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di
sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan.
Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya
misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah
maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat
sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya
sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih
kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu
memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi
secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu
sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan
komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala
sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah
yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM
Perpustakaan?
Perpustakaan
sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi
dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua
pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi
perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku
bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM.
Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.
Dari berbagai
sudut pemikiran diatas, Perpustakaan Cahaya Ilmu SMK Negeri 1 Singkep berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan
sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan
terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar
agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi
secara optimal.
Salah satu yang perlu
diperhatikan adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah menyediakan informasi
dan ide yang merupakan dasar keberhasilan fungsional dalam masyarakat masa kini
yang berbasis pengetahuan, informasi dan komunikasi . Perpustakaan sekolah
membekali siswa keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, yang
memungkinkan mereka hidup sebagai warganegara yang berkualitas dan
bertanggungjawab.
Dalam era informasi dan
komunikasi seperti saat ini peran perpustakaan mulai digantikan oleh maraknya
informasi dan sumber belajar yang banyak beredar di dunia maya. Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi saat ini juga memaksa perpustakaan sekolah
harus merubah diri, penampilan, dan pelayanannya agar tidak ditinggalkan oleh
pemustakanya.
Atas dasar ini perpustakaan SMK
Negeri 1 Singkep berupaya untuk menjawab tantangan seperti yang disebutkan di
atas. Untuk itu perpustakaan sekolah harus berupaya menggunakan dan
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih menarik dan sebagai
sumber belajar yang diidolakan oleh pemustakanya.
B. Dasar Hukum
- Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan
Nasional;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan;
- Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan;
- Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan
Sekolah/Madrasah
- Surat Keputusan Kepala SMK
Negeri 1 Singkep Nomor 424/001/V-SMKN 1 SINGKEP/KPTS Tahun 20 tentang
pengangkatan kepala Perpustakaan Cahaya Ilmu tahun 2018 /2019
C.
Sejarah Perkembangan Perpustakaan SMKN 1 Singkep
- Tahun 2012 perpustakaan
didirikan dan menempati ruang berukuran 8,5 m x 10,5m. Tahun 2012-2013 Perpustakaan pertama kali dikelola oleh seorang guru bernama Dra. Yuniar sebagai guru mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaran (PKN) juga merangkap sebagai kepala
perpustakaan berdasarkan Keputusan Kepala SMKN 1 Singkep bernama Tengku
Julia Asparida,S.Pd,Kons
dengan SK no:424/SMKN.1/509 .Tahun 2013-2014 juga
ditahun berikutnya . 2014-1bu Yuniar berdasarkan SK no 424/SMKN.1/252.1,
danTahun 2014-2015 berdasarkan Sk no 424/SMKN.1/001. Yang ditandatangani
Kepala SMKN 1 Singkep bernama
Tengku Julia Asparida,S.Pd,Kons
.Dapatlah disimpulkan bahwa perpustakaan dikelola oleh bu
Yuniar .selama 3 tahun pelajaran.
- Tahun 2015-2016 perpustakaan dikelola oleh 2 orang yaitu terdiri dari
1 orang guru bernama Husein Jendra Walisfa S.Pd.I sebagai kepala perpustakaan
berdasarkan SK no.424 / SMKN.1 / 201 juga sebagai guru bahasa Inggris
dibantu 1 orang tenaga pustawan bernama Ria Amalianti Putri.Pendataan buku
ditulis secara manual.
- Tahun 2016-2017 perpustakaan dikelola
oleh Rodiah S.Pd.I sebagai guru Pendidikan Agama Islam merangkap
sebagai Kepala perpustaan berdasarkan SK no 424 / SMKN.1-2016 242.a yang
ditandatangan Kepala SMKN 1 Singkep
bernama Samsul Hadi,S.Pd.M.Pd. Pendataan perpustakaan dan Kearsipan mulai menggunakan komputeriasi dari
pemberian nama perpustakan, label. Kode buku, pendaftaran perpustakaan dan
lain. Tahun 2017/2018 Perpustakaan dikelola oleh Rodiah,S.Pd.I berdasarkan
Sk no 424/00i/v-smkn 1 SINGKEP/KPTS/2018 dan dilanjutkan tahun 2018/2019 berdasarkan Sk no
424/001/V-SMKN 1 SINGKEP?KPTS/2019 sampai sekarang.
.D. VISI
Terwujudnya
Peserta Didik , Pendidik dan tenaga kependidikan SMK NEGERI 1 SINGKEP yang Berkualitas
melalui Budaya literasi
E.
MISI
Menjadikan Perpustakaan SMK NEGERI 1 SINGKEP
Sebagai :
- Pusat Layanan Prima, Pusat Dokumentasi
dan Informasi (PUSDOKINFO)
- Pusat Pengembangan Minat Baca.
- Sarana Rekreasi Pendidikan yang
Menyenangkan.
- Perpustakaan Modern yang Berbasis
teknologi Informasi.
F.
Tujuan
- Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT
serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan
belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi sekolah.
- Mengembangkan minat, kemampuan, dan
kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam
berbagai sektor kehidupann.
- Mendidik siswa agar memelihara dan
memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil guna.
- Meletakkan dasar kearah proses
pembelajaran mandiri.
- Merintis E-Library untuk wider accesing
informasi & IPTEK.
- Mewujudkan kualitas dan kuantitas buku
bacaan dan referensi.
- Melayani semua warga sekolah dengan
layanan prima.
Motto:
“Now is reader, tomorrow be
leader”
Dengan banyak membaca akan memiliki banyak pengetahuan
sehingga diharapkan kelak dapat menjadi pemimpin yang berkualitas, cerdas, dan berkepribadian
Indonesia
G. TUJUAN
- Menjadikan perpustakaan sebagai sumber utama ilmu.
- Memberikan pelayanan yang tepat dan akurat serta menyenangkan.
- Memberikan kenyamanan pada pengguna perpustakaan.
G.1 TUJUAN UMUM
Menjadi perpustakaan sekolah
berbasis ICT terdepan di Dabo Singkep serta pusat IPTEK dan sumber belajar
warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan
merealisasikan visi misi serta suksesnya program perpustakaan
G.2. TUJUAN
KHUSUS
- Mengembangkan minat,
kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya
tulisan, dalam berbagai sektor kehidupan;
- Mengembangkan kemampuan
mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
- Mendidik siswa agar
memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil
guna;
- Meletakkan dasar kearah
proses pembelajaran mandiri;
- Memupuk dan mengembangkan
minat dan bakat siswa;
- Menumbukan penghargaan siswa
terhadap pengalaman imajinatif;
- Mengembangkan kemampuan
untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha
sendiri
G.3. TUJUAN
STRATEGIK
- Melaksanakan layanan
perpustakaan berbasis ICT;
- Merintis E-Library untuk wider
accesing informasi & IPTEK;
- Mewujudkan qualitas dan
quanitas buku bacaan dan referensi;
- Melayani semua warga sekolah
dengan layanan prima;
- Menerapkan administrasi
pustaka yang professional dan akuntabel;
H. FUNGSI
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan Sekolah berfungsi
sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan
rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang
diterapkan di SMK N 1 Singkep, perpustakaan Cahaya Ilmu sekolah berfungsi:
- Wadah atau wahana
pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan
penggunaannya;
- Sumber rujukan (reference
centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai
yang berada dibawah naungan SMK N 1 Singkep
- Sarana pendukung dalam
proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
- Pusat informasi bagi
kegiatan belajar mengajar;
- Sumber yang menyediakan
bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar
mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan
budaya.
I. SASARAN
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
- Para siswa dan siswi SMK N I
Singkep
- Kepala sekolah dan guru SMK
N I Singkep
- Staf administrasi dan
tatalaksana SMK N 1 Sngkep
J. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
SEKOLAH
Rencana kerja perpustakaan
sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu
pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah.
Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan
belajar mengajar yang efektif dan efisien.
K.1. PROGRAM
JANGKA PENDEK
- Menyediakan dan menghimpun
bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
- Menyediakan dan melengkapi
fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
- Mengolah dan
mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu shingga memudahkan
penggunaannya;
- Melaksanakan layanan
perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
- Meningkatkan minat baca
murid, guru, dan staf tata laksana;
- Menambahkan koleksi bahan
pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan
perpustakaan;
- Pembuatan proposal
permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit
tertentu;
- Memelihara bahan pustaka
agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
- Menerbitkan kartu
perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
- Menerbitkan berbagai
administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku,
dll;
- Inventarisasi, klasifikasi dan
katalogisasi bahan pustaka;
- Entry data anggota
perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
- Pelayanan peminjaman buku
perpustakaan;
- Penerbitan Surat Tanda Bebas
Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan
Ijazah;
- Mengikuti beberapa lomba
perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.
K.2. PROGRAM
JANGKA PANJANG
- Menerapkan system layanan
perpustakaan berbasis ICT;
- Menerapkan E-Library
learning;
- Merealisasikan qualitas dan
quantitas buku minimal 1000 judul dengan 15.000. eks pada tahun 2025
Terciptanya
ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan
L. Program Kerja Perpustakaan Sekolah
Rencana kerja perpustakaan sekolah yang
tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas
pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini
didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar
mengajar yang efektif dan efisien.
L. 1 Program Kerja Bulanan
BULAN
|
PROGRAM KERJA
|
Juli
|
1. Mendata ulang
fasilitas penunjang perpustakaan
2. Pengolahan bahan pustaka yang baru
3. Membuat NIB,
Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul
4. Mendata ulang
koleksi buku perpustakaan dan buku paket
5. Mendata buku
yang rusak dan hilang
6. Memperbaiki
buku yang rusak
7. Melayani
pendaftaran anggota baru
8. Melayani
peminjaman dan pengembalian
9. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
10. Melayani
peminjaman dan pengembalian buku paket
11. Membuat
laporan bulanan
|
Agustus
|
1. Mendata ulang
bahan pustaka yang baru
2. Membuat NIB,
Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul
3. Memperbaiki
buku yang rusak
4. Melayani
pendaftaran anggota baru
5. Melayani
peminjaman dan pengembalian
6. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
7. Melayani
peminjaman dan pengembalian buku paket
8. Membuat buku
presensi pengunjung perpustakaan
9. Membuat
laporan bulanan
|
September
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Membuat
laporan bulanan
|
Oktober
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Membuat
laporan bulanan
5. Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Selasa
|
November
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Membuat
laporan bulanan
|
Desember
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Membuat
laporan bulanan
|
Januari
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Membuat
laporan bulanan
|
Pebruari
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Ø Membuat
laporan bulanan
|
Maret
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Ø Membuat
laporan bulanan
|
April
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Ø Membuat
laporan bulanan
|
Mei
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Mengadakan lomba membuat resensi
buku
5. Ø Membuat
laporan bulanan
|
Juni
|
1. Melayani
peminjaman dan pengembalian
2. Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
3. Membuat blog
perpustakaan
4. Penerbitan
Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi peserta didik kelas IX sebagai
syarat pengambilan Ijazah.
5. Membuat
laporan bulanan
6. Mengadakan lomba membuat resensi
buku
|
M. FASILITAS, LAYANAN, DAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Fasilitas
1.
Komputer (internet) dengan 3 unit komputer untuk pengunjung dan 1
unit printer (black dan color)
2.
Pendingin ruangan (Kipas Angin) 6 unit
3. Area Referensi
4. Lesehan,
5. Ruang Audio Visual (TV)
6. Ruang baca
7. Ruang baca hening
8. Ruang Baca outdoor
9. Ruang kerja staff
perpustakaan
10. Ruang kerja Kepala
perpustakaan
11. Area display buku baru
12. Area computer/internet
13. Area lemari katalog
14. Locker penyimpanan
barang pengunjung
15. Gudang
16. Area musik
17. Area alat peraga
pembelajaran
18. Pojok baca Kelas
19. Green House
20. Labor Bahasa
21. Ruang labor multimedia
Layanan
1.
Kegiatan Pembelajaran di perpustakaan
2.
Peminjaman koleksi
3.
Buku referensi
4.
Layanan Multimedia (TV, VCD, DVD dan kaset)
5.
Penelusuran Informasi melalui daftar katalog
6.
Internet (browsing), pengetikan dan printer (black dan color)
7.
Media massa; surat kabar, majalah, tabloid, bulletin dan jurnal
8.
Bimbingan Pemakai
9.
Perpustakaan keliling kampung
Koleksi
1.
Referensi, berupa; Ensiklopedi (ensi) : Ensi Pengetahuan Populer,
Ensi matematika dan peradaban manusia, Ensi Negara dan bangsa, Ensi IPTEK,
Agama
2.
Kamus Bahasa, Eksak (fisika, Kimia, Biologi dan TI)
3.
Laporan, karya Ilmiah (Laporan Penelitian, Makalah, Tugas Akhir,
majalah, kliping, Laporan Praktek kerja Industri)
4.
Buku Pelajaran dari berbagai penerbit setiap mata pelajaran
5.
Fiksi: Novel Klasik, Novel Remaja, Novel Keagamaan
6.
Non- Fiksi: Majalah Surat kabar (Tanjung Pinang Post, Sindo),
N. STRUKTUR ORGANISASI
STRUKTUR
ORGANISASI PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU
SMK NEGERI 1
SINGKEP
DESKRIPSI TUGAS PENGURUS
PERPUSTAKAAN CAHAYA ILMU
SMK NEGERI 1 SINGKEP 2018/2019
No
|
Nama
|
NIP/NRGT/NRPK
|
L/P
|
Jabatan
|
Deskripsi tugas
|
|||
1
|
Samsul Hadi, S.Pd.,M.Pd.
|
19690819 199803 1 007
|
L
|
Kepala Sekolah
|
Pembina perpustakaan memberikan arahan
, menerima laporan
|
|||
2
|
Rodiah, S.Pd.I
|
19710115 201406 2 005
|
P
|
Kepala Perpustakaan
|
1. Penanggung
jawab
2. Membuat
program kerja
3. Membuat
laporan kerja
|
|||
3
|
Rianawati, S.Pd.I
|
2010.03.0492
|
P
|
Layanan Informasi dan Komunikasi
|
1. Memberikan
layanan informasi dan komunikasi
2. Memberikan
laporan keadaan buku, peminjam, pengunjung
|
|||
4
|
Rosmita Admirayanti, S.Pd.SD
|
2016.01.0083
|
P
|
Layanan Pembaca
|
1.
Memberikan Layanan Pembaca
2.
Melayani peminjaman dan pengembalian buku
|
|||
5
|
M.Syukur
|
2016.01.0046
|
L
|
Layanan Teknis:
-
Pengadaan
-
Pengolahan
|
memberikan Layanan Teknis:
Dalam
hal Pengadaan
buku, sarana dan prasarana perpustakaan
-
Pengolahan
inventaris buku dan sarana prasarana
|
|||
6
|
Muliani
|
2017.01.2.0463
|
P
|
Layanan Teknis:
-
Pengadaan
-
Pengolahan
|
||||
XIV. PENUTUP
Program
kerja Perpustakaan SMK Negeri 1 Singkep ini merupakan
acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat
menjadi titik awal kemajuan Perpustakaan SMK Negeri 1 Singkep. Peran serta semua pihak sangat
berpengaruh pada realisasi program ini. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak dapat terlibat
baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka merealisasikan berbagai
program yang telah dibuat.
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Dabo Singkep, 2 Januari 2018
Kepala Perpustakaan
RODIAH, S.Pd,I
NIP
|
Perlu di sempurnakan lagi... beri foto agar lebih menarik pembaca
BalasHapusPerlu di sempurnakan lagi... beri foto agar lebih menarik pembaca
BalasHapus